Monday, February 25, 2013

Pengertian Linux

Pengertian Linux Beserta Jenis-jenisnya
 
Apa itu Pengertian Linux? Kata LINUX memiliki tingkat pembicaraan yang lebih sedikit dibandingkan dengan kata WINDOWS. Walaupun kedua-duanya adalah benda yang sama, namun dikarenakan jumlah pengguna yang berbeda membuat WINDOWS lebih popular dibandingkan dengan LINUX, khususnya di negara Indonesia.
Seperti halnya Windows, maka pengertian LINUX adalah sebuah sistem operasi yang berfungsi untuk mengoperasikan sebuah perangkat, baik itu komputer, PC ataupun gadget. LINUX dikembangkan oleh Linus Benedict Torvalds yaitu seseorang dari Universitas Helsinki, Finlandia. Sistem operasi yang memiliki lambang Penguin yang sedang duduk ini versi pertamanya dikeluarkan pada tahun 1994, tepatnya tangal 14 Maret. Linux dapat dikembangkan dan dipelajari dengan mudah oleh siapa saja, sebab sistem operasi ini terdistribusi secara open source.
pengertian linux

Ilustrasi os linux
Ada beberapa jenis distribusi Linux antara lain Turbo Linux, Caldera, S.u.s.e., RedHat, Debian, dan Stackware. Sistem Operasi ini didukung oleh program seperti Basis Data dan software/aplikasi perkantoran, Bahasa Pemrograman, Web Server, dan Desktop Environment (Tampilan Desktop).
Mungkin, pembahasan mengenai pengertian LINUX cukup kali yah? Selanjutnya, mari kita kenali beberapa jenis sistem operasi LINUX, yaitu :

1. Turbo LINUX
Untuk LINUX berjenis ini lebih dikhususkan kepada bidang clustering komputer. Jenis ini lebih populer dan terkenal di Asia. Kepentingannya yang berskala besar cukup terkendali karena LINUX jenis turbo ini diciptakan dari berbagai macam under LINUX.

2. Ubuntu LINUX
Mungkin ini jenis LINUX yang paling banyak didengar. Jenis ini dihadirkan dalam dua variasi, yaitu versi install serta versi live CD. Jenis ini diberikan kepada konsumen untuk memberikan desktop sebuah sistem operasi yang gratis dengan tambahan aplikasi yang mendukungnya.

3. Debian LINUX
Walaupun kurang popular dan terkenal, ternyata jenis LINUX ini memiliki tingkat kestabilan dan kecepatan yang tinggi. Itulah sebabnya banyak yang menggunakan jenis LINUX ini untuk kepentingan sistem operasi pada server.

4. Redhat LINUX
Merupakan jenis Linux yang popular di Amerika dan Indonesia, jenis Linux ini sudah mencapai versi ke 9.0. Kelebihan pada jenis Linux ini adalah dalam hal instalasi.

5. Mandrake LINUX
Merupakan saudara muda dari Redhat Linux karena diproduksi oleh satu pabrik. Jenis Linux ini mempunyai kelebihan yaitu penggunaannya yang mudah serta proses instalasinya sangat mudah.

6. Caldera LINUX
Merupakan Linux yang menggunakan Auto Detect Hardware (contohnya plug dan play pada Mac).

No comments:

Post a Comment

Gintama Season 2 Sub Indo Episode 50 - 99

Gintama (2006) Season 2 Episode : 050 - 099 Format : MP4 MiniHD Subtitle : Indonesia Sumber MKV :  Zurasubs Thank to rymaru Link D...