Saturday, July 28, 2012

komputer

  1. PENGERTIAN KOMPUTER
Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute.
Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.
Definisi Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena  luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
  1. Menurut Hamacher
komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
  1. Menurut Blissmer
komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
  1. menerima input
  2. memproses input tadi sesuai dengan programnya
  3. menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
  4. menyediakan output dalam bentuk informasi
  1. Sedangan Fuori
berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
  1. B.  PENGGOLONGAN KOMPUTER
Literatur terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan tigal hal: data yang diolah, penggunaan, kapasitas/ukurannya, dan generasinya.
  1. Berdasarkan Data Yang Diolah
    1. Komputer Analog
    2. Komputer Digital
    3. Komputer Hybrid
  2. Berdasarkan Penggunannya
    1. Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
    2. Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)
  3. Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya
    1. Komputer Mikro (Micro Computer)
    2. Komputer Mini (Mini Computer)
    3. Komputer Kecil (Small Computer)
    4. Komputer Menengah (Medium Computer)
    5. Komputer Besar (Large Computer)
    6. Komputer Super (Super Computer)
  4. Berdasarkan Generasinya
    1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
    2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
    3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
    4. Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
    5. Komputer Generasi Kelima
  1. C.  SEJARAH KOMPUTER
Sejarah komputer sudah dimulai sejak zaman dahulu kala. Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik (mechanical and electronic) untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Computer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik (mechanical) maupun elektronik (electronic)
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Computer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan mathematics biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telephone yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.

No comments:

Post a Comment

Gintama Season 2 Sub Indo Episode 50 - 99

Gintama (2006) Season 2 Episode : 050 - 099 Format : MP4 MiniHD Subtitle : Indonesia Sumber MKV :  Zurasubs Thank to rymaru Link D...